Hati-Hati, 5 Kebiasaan Setelah Keramas Ini Ternyata Dapat Menyebabkan Kerusakan Rambut

Ady Prasetyo
18 Nov 2020

Menjaga kesehatan rambut dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan tidak terlalu sering menggunakan hot tools pada rambut. Jika digunakan hanya pada waktu-waktu tertentu sih mungkin tidak apa-apa. Namun, bagaimana kalau digunakan setiap kali Anda selesai keramas? Hati-hati, karena ada dampak tidak baiknya lho untuk kesehatan rambut. Mengeringkan rambut menggunakan hair dryer setelah keramas memang lebih cepat, namun dapat menimbulkan kerusakan akibat panas yang dihasilkannya. Kalau begitu, apakah dengan menghindari hair dryer setelah keramas lantas membuat Anda terbebas dari risiko kerusakan rambut? Hmm, belum tentu lho. Karena baik disadari maupun tidak, Anda mungkin pernah melakukan beberapa kebiasaan berikut setelah keramas. Apa saja, ya?

 

Tidur dengan Keadaan Rambut Basah

Kebiasaan keramas sebelum tidur ternyata bisa menjadi salah satu pemicu kerusakan rambut. Sebenarnya, tidak ada yang salah dengan waktunya. Hanya saja, terkadang ada yang jadi ketiduran atau merebahkan kepalanya langsung dalam keadaan rambut yang masih basah pada sebuah bantal. Hal seperti ini tentu saja akan membuat rambut jadi rusak. Gerakan-gerakan yang tanpa Anda sadari saat tidur rupanya dapat menyebabkan rambut saling terikat sehingga mengakibatkan kekusutan di pagi harinya. Selain itu, tidur dalam keadaan rambut yang masih basah juga berisiko membuatnya lebih rapuh dan rontok akibat gesekan dengan sarung bantal ataupun seprai.

 

Mengeringkan Rambut Menggunakan Handuk

Mengeringkan rambut secara alami menggunakan handuk sudah menjadi kebiasaan yang dilakukan sejak kita kecil. Sayangnya, kebiasaan ini ternyata dapat membuat rambut menjadi rusak. Apalagi jika Anda mengeringkannya dengan cara menggosok-gosokkan handuk secara kasar pada rambut yang masih basah. Selain dapat menyebabkan rambut jadi lebih mudah patah, hal ini juga akan membuatnya kusut dan frizzy. Dibanding menggosoknya, lebih baik Anda menggunakan handuk untuk memeras sisa air pada rambut secara perlahan untuk membuatnya kering.

 

Tidak Menggunakan Produk Sesudah Keramas

Mengeringkan rambut secara alami bukan berarti Anda hanya mendiamkannya begitu saja. Jika Anda membiarkan kering dengan sendirinya tanpa mengenakan produk apapun, rambut malah akan jadi mengembang dan frizzy. Untuk mencegah hal tersebut, gunakanlah sedikit produk sepertihair oil, hair mousse, atau hair gel pada ujung rambut. Selain membuatnya jauh lebih rapi dan halus, penggunaan after shampoo product juga akan menjaga kondisi rambut agar tetap sehat.

 

Mengeringkan Rambut Tanpa Mengubah Belahan

Seperti apa Anda biasa menata belahan rambut? Apakah belah tengah atau belah pinggir? Ternyata, mengeringkan rambut dengan cara membelahnya kemungkinan besar dapat menyebabkan kerusakan. Apalagi jika Anda memiliki rambut yang panjang. Dalam keadaan basah, rambut panjang yang akan menjadi lebih berat. Hal tersebut tentu akan berakibat pada tetariknya akar rambut. Untuk meminimalisir kerontokan, ubah belahan rambut saat sudah mulai kering.

 

Menyisir Rambut dengan Sisir yang Salah

Seperti yang sudah kita ketahui, dalam keadaan basah rambut akan menjadi lebih mudah rapuh dan patah. Selain itu, sehabis keramas tekstur rambut juga cenderung memiliki lebih kusut. Sehingga, menyisirnya dalam keadaan basah perlu dihindari agar tidak menimbulkan kerontokan. Untuk dampak buruk tersebut, sisirlah rambut saat kondisinya sudah setengah kering.

written by
Ady Prasetyo
18 Nov 2020