5 Masalah Kulit Pria yang Paling Sering Disepelekan

Ady Prasetyo
19 Nov 2020

Masalah kulit pria seringkali diabaikan begitu saja karena pada dasarnya, kebanyakan pria memang kurang peduli terhadap kesehatan kulit wajah. Padahal, perawatan kulit wajah tidak hanya diperlukan oleh wanita, tapi juga untuk pria. Hal ini dilakukan bukan untuk kecantikan semata tapi juga demi kesehatan kulit wajah.

Apalagi dengan aktivitas yang membuatnya berada di luar ruangan lebih sering dibanding wanita hingga berbagai aktivitas berat yang membuatnya mudah mengalami kelelahan. Kondisi inilah yang menyebabkan kulit wajah pria juga bisa mengalami masalah dan Anda tidak bisa mengabaikannya begitu saja.

Munculnya Jerawat pada Wajah yang Kurang Diperhatikan

Meskipun siapa saja bisa mengalami jerawat, tapi pria sering kali menganggap jika jerawat akan sembuh seiring dengan berjalannya waktu, apalagi jika mereka masih dalam masa pubertas. Hal ini tentu tidak benar karena jerawat tetap harus diobati agar tidak semakin parah.

Masalah kulit pria berupa jerawat ini muncul karena pria juga memiliki perubahan kadar hormon yang memproduksi minyak sehingga dapat menyebabkan tersumbatnya pori-pori hingga memunculkan jerawat. Oleh karena itu, Anda bisa memilih sabun cuci muka dengan tepat dan menggunakan obat jerawat untuk mengatasinya.

Kulit Wajah yang Terbakar Sinar Matahari

Umumnya, pria lebih sering melakukan aktivitas di luar ruangan yang panas dan mereka kurang peduli terhadap kesehatan kulitnya. Selain kurang peduli, banyak dari mereka malas untuk menggunakan produk ini itu, menggunakan topi, jaket atau lainnya untuk melindungi wajah.

Padahal, melindungi wajah dari bahaya sinar matahari sangat penting untuk dilakukan, bukan hanya wanita tapi juga pria. Kulit yang terpapar sinar UV dari matahari bisa menyebabkan berbagai masalah hingga kanker kulit. Untuk itu, atasi masalah kulit pria dengan menggunakan sunblock, sunscreen atau pelindung kulit lainnya.

Masalah Razor Burn Ketika Mencukur

Bagi para pria pasti sudah tidak asing istilah razor burn yang menujukkan kondisi kulit iritasi setelah mencukur jenggot. Bagi Anda yang memiliki jenggot, pasti mereka akan dengan rutin melakukan cukur dan ternyata kebiasaan mencukur jenggot kurang tepat bisa menimbulkan masalah pada wajah.

Biasanya, masalah ini muncul karena pisau cukur terlalu tumpul, mencukur terlalu dekat dan menggunakan krim, gel atau lotion yang mengandung bahan kimia. Oleh karena itu, pastikan jika Anda memilih lotion atau krim cukup tanpa kandungan pewangi, mencukur ke arah bawah dan memilih pisau dengan tepat. 

Munculnya Kantong Mata atau Mata Panda

Lingkaran gelap pada area mata bisa terjadi pada siapa saja dan biasanya hal ini terjadi karena beberapa faktor. Mulai dari penuaan, kurang tidur, faktor keturunan atau terlalu sering terkena sinar matahari. Selain itu, kurangnya makanan bernutrisi dan faktor stres juga sering menyebabkan munculnya mata panda.

Masalah kulit pria ini sering terjadi karena banyak di antara mereka yang rela begadang untuk menonton bola, bermain game, berkumpul dengan teman dan lain sebagainya. Kebiasaan tersebut bisa dikurangi dan Anda bisa menggunakan irisan timun atau masker mata untuk memberikan nutrisi yang cukup pada mata. 

Munculnya Kerutan pada Wajah

Masalah lain yang biasa terjadi pada pria adalah kerutan pada wajah, seperti layaknya wanita. Banyak faktor yang menyebabkan timbulnya kerutan pada wajah, mulai dari penuaan hingga kebiasaan merokok. Untuk itu, lakukan perawatan wajah dengan baik untuk mencegah munculnya kerutan pada wajah.

Memilih produk perawatan wajah dengan tepat menjadi suatu keharusan untuk mengatasi berbagai masalah pada kulit. Banyak bahan yang terkandung dalam produk tersebut sehingga Anda harus lebih selektif. Untuk mengatasi masalah kulit pria, Anda bisa memilih kandungan Galactomyces dan Fermentasi Sake.

 

Keyword: masalah kulit pria

Deskripsi: Masalah kulit pria sering kali disepelekan padahal masalah tersebut bisa semakin parah apabila tidak segera diatasi dengan benar dan berikut ulasan lengkapnya.

written by
Ady Prasetyo
19 Nov 2020