5 Tanda Usus Bermasalah yang Harus Anda Waspadai

Ady Prasetyo
19 Nov 2020

Banyak tanda usus bermasalah yang bisa Anda ketahui sehingga bisa dilakukan pengobatan dengan tepat agar tidak semakin parah. Sayangnya, masih banyak orang yang tidak tahu atau bahkan mengabaikan tanda ini hingga akhirnya terjadi masalah sistem pencernaan yang lebih berat atau bahkan menimbulkan penyakit.

Usus menjadi bagian dari sistem pencernaan yang memiliki peran penting dan bisa menjadi sumber penyakit apabila Anda tidak tanggap terhadap kesehatan organ ini. Kondisi tidak sehat pada usus ternyata juga dapat menyebabkan penyakit berbahaya lain, seperti penyakit jantung, kanker, diabetes, asma, depresi dan lain sebagainya.

Merasakan Sakit pada Perut

Apabila terjadi masalah pada organ dalam tubuh Anda sudah sewajarnya jika menyebabkan rasa sakit, mungkin perih, seperti tertusuk, kram atau rasa tidak nyaman. Begitu juga jika terjadi masalah pada usus Anda, maka rasa tidak nyaman di perut bisa menjadi tanda usus bermasalah.

Selain rasa tidak nyaman tersebut, biasanya muncul gangguan perut seperti sembelit, mulas, kembung, diare dan lain sebagainya. Usus sehat lebih minim menimbulkan rasa tidak nyaman pada perut sehingga Anda harus lebih peka. Apabila rasa sakit atau gangguan perut muncul, tidak ada salahnya melakukan pemeriksaan.

Perubahan Berat Badan Tanpa Disengaja

Apabila terjadi penurunan berat badan atau penambahan tanpa adanya usaha untuk mengubah berat badan, seperti olahraga dan pola makan sehat, tentu Anda perlu waspada. Salah satu alasan yang menyebabkan perubahan berat badan ini adalah kondisi usus tidak sehat karena organ ini memiliki peran penting.

Organ ini bertugas untuk menyimpan lemak, mengatur gula darah, hingga menyerap nutrisi. Kondisi usus yang bermasalah bisa menyebabkan pertumbuhan bakteri usus kecil secara berlebih sehingga akan menurunkan berat badan. Sedangkan kenaikan berat badan disebabkan oleh resistensi insulin berlebih hingga menjadi tanda usus bermasalah.

Gangguan Tidur atau Kelelahan Konstan

Bukan hanya butuh tidur, tapi Anda juga harus memenuhi lamanya waktu yang dibutuhkan oleh setiap orang untuk beristirahat. Sayangnya, banyak orang yang mengalami gangguan tidur atau insomnia hingga menyebabkan kelelahan kronis. Ternyata, hal ini bisa dijadikan indikasi bahwa bagian usus Anda mengalami gangguan.

Organ ini bertugas untuk memproduksi sebagian besar hormon yang mempengaruhi suasana hati dan tidur, yaitu serotonin. Apabila terjadi gangguan atau masalah pada organ ini, maka fungsinya untuk memproduksi hormon serotonin bisa terganggu juga. Hal inilah yang menyebabkan Anda mengalami susah tidur atau bahkan risiko fibromyalgia.

Kesulitan Mencerna Makanan (Intoleransi Makanan)

Kesulitan mencerna makanan ini berbeda dengan alergi makanan yang diakibatkan sistem kekebalan terhadap suatu makanan. Perbedaannya, intolerasi makanan ini mungkin disebabkan karena kualitas bakteri yang buruk. Seperti yang Anda tahu, dalam usus terdapat bakteri yang bermanfaat dalam sistem pencernaan.

Biasanya, tanda usus bermasalah adalah sakit perut, perut kembung, gas, mual hingga diare. Apabila Anda merasakan gejala-gejala tersebut, tidak ada salahnya untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Hal ini dikarenakan, alergi makanan juga sering dikaitkan dengan masalah pada organ ini.

Terjadinya Iritasi pada Kulit

Siapa sangka jika iritasi pada kulit bisa menjadi indikasi jika terjadi masalah pada usus. Semakin sering mengonsumsi makanan dengan kandungan buruk sekaligus peradangan usus, bisa menyebabkan kebocoran protein lebih banyak di dalam tubuh sehingga muncul eksim atau iritasi kulit.

Berbagai masalah sistem pencernaan bisa terjadi akibat racun menumpuk dalam tubuh, khususnya dalam sistem pencernaan. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan detoksifikasi melalui produk yang tepat. Kandungan Green Coffee, Cambogia, White Been, dan Enzyme bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi tanda usus bermasalah.

 

Keyword: tanda usus bermasalah

Deskripsi: Tanda usus bermasalah tidak boleh kita abaikan begitu saja karena jika terus dibiarkan bisa mengakibatkan masalah kesehatan yang lebih berat.

written by
Ady Prasetyo
19 Nov 2020